Riset & Berita

PETROKIMIA GRESIK EKSPOR 203 RIBU TON PUPUK KE INDIA DAN MEKSIKO

86173034 IQPlus, (27/03) - PT Petrokimia Gresik mengekspor 203 ribu ton pupuk ke India dan Meksiko secara bertahap selama sebulan ke depan, dengan rincian 125 ribu ton pupuk NPS dan 78 ribu ton pupuk Urea.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi di Gresik, Jumat mengatakan, sebanyak 125 ribu ton pupuk NPS itu akan diekspor ke India.

Sedangkan pupuk Urea 45 ribu ton ke India dan 33 ribu ton ke Meksiko.

"Ini adalah kali pertama dalam sejarah Petrokimia Gresik mengekspor pupuk ke Meksiko.

Sebelumnya, kami lebih banyak bermain di pasar regional Asia seperti India, Filipina, dan Sri Lanka," kata Rahmad, dalam keterangan tertulis.

Ia mengatakan, ekspor yang dilakukan perusahaannya membuktikan pandemi COVID-19 secara global, tidak mengganggu kinerja penjualan pupuk Petrokimia Gresik.

"Justr menjadi peluang, karena demand dari berbagai negara tetap tinggi, namun supply-nya berkurang karena negara penyuplai pupuk seperti China menghentikan ekspor akibat pandemi Covid-19," kata Rahmad kepada wartawan.

Ia mengaku, pemerintah saat ini terus mendorong industri nasional untuk melakukan upaya penguatan nilai tukar rupiah, salah satunya dengan melakukan ekspor.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beberapa waktu lalu yang terus mendorong industri pupuk agar tak hanya memproduksi pupuk bersubsidi saja, tetapi juga berbagai jenis pupuk lainnya untuk pengembangan komoditas yang memenuhi kebutuhan pasar ekspor.

(end) .

Share this Post:

Related Posts: